PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) memberikan apreasiasi kepada kader Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga (PKK) yang telah menyukseskan program-program pemerintah yang ada di dalam 10 program pokok PKK. Bupati Tiwi menyebut kader PKK yang sebagian besar adalah kaum perempuan telah memberikan kontribusi nyata kepada pembangunan bangsa dan negara, khususnya di Purbalingga.

“Satu orang kader perempuan tak hanya bertugas sebagai kader PKK, tapi juga diperbantukan sebagai kader kesehatan, kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD, kader posyandu, kader tim pendamping keluarga. Mereka bekerja sukarela, tulus tanpa digaji. Ini menandakan peranan perempuan tidak bisa disepelekan,” tegas Bupati Tiwi saat hadir dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelembagaan dan Adiministrasi PKK di Kecamatan Bojongsari, Kamis (20/06/2024).

Atas semua kerja keras, kontribusi, serta dharma bakti kader PKK, khususnya di Bojongsari, Bupati Tiwi menyampaikan rasa terima kasihnya. Ia berharap, para kader PKK terus bersemangat untuk mendukung program pemerintah dengan berupaya mensejahterakan keluarga.

“PKK motor penggerak masyarakat yang ada di tingkat bawah. Penggeraknya wanita-wanita, emak-emak, ibu-ibu yang ada di bawah,” ujar dia.

Melalui kesempatan yang sama, Bupati Tiwi juga mengapresiasi kepada para kepala desa dan pemerintah kecamatan yang telah ikut menguri-nguri keberadaan PKK dengan memberikan dukungan berupa kegiatan dan anggaran.

“Saya titip kepada rekan-rekan kades untuk terus nguri-nguri PKK di tingkat desa,” kata bupati.

Camat Bojongsari Tri Wahyu Dini Susanti mengatakan, keterlibatan dan kolaborasi lintas sektoral telah dilakukan oleh kader PKK Bojongsari dalam rangka menyukseskan program pemerintah. Di antaranya, PKK berkolaborasi dengan kader kesehatan dalam ikut serta mengentaskan angka prevelensi stunting di Bojongsari yang masih di atas rata-rata angka stunting kabupaten.

“Kader PKK masuk dan terlibat dalam penyusunan perencanaan kegiatan di desa-desa dalam rembug stunting,” jelas Camat Dini (sapaan akrab Tri Wahyu Dini Susanti, red).

Bimtek PKK di Kecamatan Bojongsari dihadiri oleh Ketua TP PKK Rusminem Sudono, Asisten Ekbang Mukodam, kepala OPD dan jajaran forkopimcam.