PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) meminta Bakal Calon Kepala Desa (Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak harus menjaga situasi aman dan damai. Mereka juga diminta siap menang dan siap kalah dalam perhelatan politik yang akan dilaksanakan 20 November mendatang.

“Kami mengajak untuk bersama-sama mengawal agar pelaksanaan Pilkades di desanya masing-masing bisa berjalan sukses,lancar dan yang terpenting adalah aman, damai dan kondusif” ungkap Bupati Tiwi didampingi Ketua DPRD HR Bambang Irawan, saat mengunjungi kediaman Bakal Calon Kades di Kecamatan Kemangkon dan Bukateja, Selasa (8/11/2022) sore.

Seperti yang diketahui, Kabupaten Purbalingga akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pilkades Serentak pada 20 November 2022. Pilkades akan diselenggarakan di 34 desa di 15 kecamatan , dimana 31 desa diantaranya Pilkades Reguler dan 3 desa melaksanakan Pilkades Antar Waktu.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Purbalingga Juli Atmadi menyampaikan di Kecamatan Kemangkon, Pilkades akan berlangsung di Desa Gambarsari, Jetis, Pegandekan dan Panican. Di Kecamatan Bukateja, Pilkades di Desa Bukateja, di Kecamatan Kejobong di Desa Gumiwang dan Langgar. Serta di Kecamatan Kaligondang di Desa Cilapar, Penolih, Selanegara dan Slinga.

Di Kecamatan Kalimanah Pilkades akan berlangsung di Desa Babakan, di Kecamatan Kutasari pilkades di Desa Kutasari dan Karangreja. Kemudian di Kecamatan Mrebet akan ada pilkades di Desa Kradenan, Bojong, Pagerandong dan Pengalusan.

Di Kecamatan Karangreja pilkades akan berlangsung di Desa Tlahab Kidul. Kemudian di Kecamatan Karanganyar, Pilkades akan berlangsung di Desa Jambudesa dan Karanganyar. Di Kecamatan Karangmoncol di Desa Tamansari dan Baleraksa.

Di Kecamatan Rembang akan berlangsung di Desa Bantarbarang, di Kecamatan Bojongsari di Desa Galuh dan Karangbanjar. Selanjutnya di Kecamatan Padamara pilkades akan berlangsung di Desa Gemuruh dan Karanggambas.
Kecamatan Pengadegan di Desa Tumanggal dan di Kecamatan Karangjambu di Desa Karangjambu dan Danasari.

“Paling banyak memang di Kecamatan Kemangkon, ada empat desa yang menggelar Pilkades,” kata Juli Atmadi.