PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi secara resmi melepas 34 peserta kontingen Purbalingga untuk mengikuti Pesta Siaga dan Eagle Scout Awards (ESA) Kwarda Jawa Tengah Regional III, Selasa (21/5/2024) di Pendopo Dipokusumo. Bupati yang juga KaMabicab berpesan agar para peserta tidak gugup/grogi akan tetapi riang gembira dalam mengikuti Pesta Siaga ini.

“Tidak perlu jadi beban, tidak perlu khawatir, tidak perlu grogi, tidak perlu deg-degan. yang perlu adek-adek lakukan adalah riang gembira. Jadi semuanya harus dibawa riang gembira sehingga nantinya adek-adek bisa memberikan performance terbaik. Kalau sudah terbaik Insya Allah pulang bawa juara,” kata Bupati Tiwi dalam acara Pelepasan Peserta Pesta Siaga & ESA Kwarda Jawa Tengah Regional III.

Bupati Tiwi juga berpesan agar mereka senantiasa menjaga kesehatan, salah satunya dengan makan-makanan yang bergizi. Disamping itu juga memperbanyak do’a agar segala rangkaian kegiatan diberikan kelancaran dalam mengikutinya.

“Jaga kekompakan, karena salah satu penilaian dalam Pesta Siaga adalah kekompakan. Saya yakin adek-adek semua ini sudah banyak berlatih,” katanya.

Para peserta juga diberikan motivasi, bahwa tidak semua pramuka siaga bisa mengikuti kesempatan Pesta Siaga Kwarda Jateng Regional III ini. Hanya mereka yang terpilih, yang berprestasi dalam ajang Pesta Siaga Kwarcab Purbalingga. Oleh karena itu, mewakili Purbalingga mereka diharapkan memberikan performa terbaik.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi mengungkapkan pada Pesta Siaga kali ini, Kabupaten Purbalingga mengirimkan 4 Barung hasil seleksi. Mereka berasal dari Juara I dan II dari kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab Purbalingga tahun 2024.

“Yaitu Barung Putra terdiri dari Barung Merah dari SD Negeri 2 Purbalingga Lor dan Barung Merah dari MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Barung Putri terdiri dari Barung Hijau dari SD Negeri 1 Purbalingga Lor dan Barung Hijau dari MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli,” katanya.

Sedangkan kegiatan ESA atau Pramuka Garuda Berprestasi, Kwarcab Purbalingga mengirimkan 2 orang peserta yang tanggal 8 Mei 2024 lalu baru saja menjadi Juara I ESA Kwarcab Purbalingga. Mereka berdua adalah Jais Khoirul Anam dari SD Negeri 1 Kaligondang dan Amelia Gustiani dari SD Negeri 1 Pekiringan Kecamatan Karangmoncol.

“Nanti saat kegiatan para peserta Pesta Siaga akan mengikuti berbagai macam taman Prestasi, seperti : Taman Agama, Taman Scouting Skill, ketangkasan, wawasan, kepribadian, dan berbagai taman menarik lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, Pesta Siaga & ESA Kwarda Jateng Regional III ini akan diselenggarakan pada 24 – 25 Mei 2024 di Kwarcab Banyumas tepatnya di Kompleks Al Irsyad Al Islamiyah Boarding School Purwokerto. Ajang Pesta Siaga ini diikuti 11 Kwarcab kabupaten/kota dari 2 Binwil yakni Binwil Banyumas dan Binwil Pekalongan.