PURBALINGGA – Paguyuban Pedagang Siomay bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM menggelar acara Makan Siomay Bareng di kawasan GOR Goentoer Darjono, Minggu (19/12) pagi. Acara dihadiri Bupati Dyah Hayuning Pratiwi bersama suami Rizal Diansyah itu dilaksanakan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Purbalingga ke 191.

“Ada 21 gerobak siomay yang masing-masing menyediakan 70 porsi untuk disantap masyarakat bersama-sama dengan bupati. Semuanya ini disediakan secara gratis,” kata Kepala Bidang UKM Dinkop UKM Purbalingga Adi Purwanto di sela-sela kegiatan.

Pedagang siomay memiliki paguyuban bernama Komunitas Pedagang Siomay (KOMPAS) komisariat Purbalingga. Mereka terpanggil untuk memberikan kado bagi ulang tahun Purbalingga. Kegiatan tersebut juga menjadi ajang promosi produk jualan mereka. “Ini langkah awal bagi pedagang siomay untuk kembali bangkit dan mempromosikan dagangannya pasca pandemi,’ ujarnya.

Acara ini disambut antusiasme masyarakat, sekitar 1400 porsi siomay yang disediakan langsung diserbu warga yang hari itu sedang berolahraga di kawasan tersebut.

Sementara itu, Bupati Tiwi mengungkapkan selain dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Purbalingga, acara ini juga untuk menggeliatkan dan membangkitkan potensi UMKM Purbalingga.

Menurut Bupati Tiwi, dengan status PPKM yang terus membaik perekonomian di Purbalingga bisa berjalan seperti sediakala dan pemulihan ekonomi bisa dilakukan.

“Kita meyongsong tahun baru 2022, tahun yang baru dengan optimisme yang kuat, Purbalingga bisa masuk level 1 dan dengan sengkuyung semua pihak, Purbalingga bisa terus menggeliat, menggeliat dan menggeliat,” imbuhnya.

Wiji, salah satu pengunjung mengaku senang dengan gelaran tersebut. “Semoga pedagang siomay laris manis dan Purbalingga makin maju,” ujarnya.