PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Purbalingga Masa Bhakti tahun 2021-2026 oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Siti Atikoh Supriyanti. Pelantikan Ketua dan Pengurus Mabicab Purbalingga dibarengi dengan Pelantikan Ketua dan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga Masa Bhakti 2021-2026 di Pendopo Dipokusumo, Rabu (2/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Tiwi menyampaikan siap mendukung penuh kegiatan kepramukaan yang ada di Kabupaten Purbalingga. Apalagi rekan-rekan dari Kwarcab Purbalingga yang tidak pernah lelah dan berhenti untuk terus mensosialiasikan dan mengingatkan pentingnya protokol kesehatan.

“Kontribusinya luar biasa membantu pemerintah dalam membantu penanganan covid-19 di Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Tiwi.

Gerakan Pramuka Purbalingga menurut Bupati Tiwi juga membantu dalam penanganan bencana seperti tanah longsor, puting beliung dan bencana lainnya.

“Kwarcab Purbalingga turut hadir membantu masyarakat mengedukasi tentang bencana, memberikan motivasi dan gotong royong dalam penanganan bencana yang terjadi,” ujarnya.

Bupati Tiwi menjelaskan Kwarcab Purbalingga juga memberikan pendampingan dan membekali terkait jurnalistik kepada anggotanya yang tergabung dalam scout journalist. Bupati juga memberikan apresiasi kepada Humas Kwarcab Purbalingga atas prestasi yang diraihnya.

“Khusus di bidang humas jadi juara pertama tingkat Kwarda Jateng, begitu juga di bidang Abdimas dan bidang lainnya,” ungkap Bupati Tiwi.

Bupati Tiwi berpesan, di bawah kepemimpinan Kak Tri Gunawan Setyadi sebagai Ka Kwarcab yang baru dilantik semoga gerakan pramuka semakin menunjukan eksistensinya dan menorehkan prestasi. Kwarcab Purbalingga diharapkan mampu membentuk generasi muda yang berkarakter dan berakhlakul kharimah.

“Mohon bimbingan dan dukungan dari Kak Atikoh untuk memberikan suport kepada kami agar kami bisa terus berkhidmat untuk masyarakat dan Kabupaten Purbalingga,” tuturnya.

Ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atikoh Supriyanti mengatakan Ka Mabicab Purbalingga sudah memberikan dukungan dan semangat yang luar biasa untuk gerakan pramuka Kabupaten Purbalingga. Ka Atikoh memberikan apresiasi khususnya kepada Humas Kwarcab Purbalingga atas prestasinya dan satu-satunya Kwarcab di Jawa Tengah yang mempunyai tabloid “Simpul Pramuka”.

“Peran humas saat ini juga tidak hanya berbuat konvensional saja tetapi bagaimana mengikuti perkembangan teknologi yang ada lewat media sosial, media massa dan media lainnya. Semoga menjadi pemicu semangat untuk terus berprestasi dan berkarya,” kata Ka Atikoh.