PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meresmikan 2 unit bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Sindang, Kecamatan Mrebet. PAUD tersebut antara lain Kelompok Bermain (KB) Lestari dan KB Yudha Negara.

“Mudah-mudahan telah selesai dibangunnya dua gedung kelompok bermain ini akan memberikan manfaat desa SIndang khususnya manfaat dalam rangka mencetak generasi-generasi unggul yang unggul, cerdas, tangguh, dan generasi yang berakhlakul karimah,” kata Bupati Tiwi sesaat sebelum pemotongan pita peresmian, Jum’at (28/6/2024) di Desa Sindang.

Untuk diketahui, kedua PAUD tersebut dibangun menggunakan Dana Desa (DD) Sindang. Untuk KB Lestari dibangun dengan anggaran sebesar Rp 146.903.000 sedangkan KB Yudha Negara dibangun dengan anggaran sebesar Rp 141.207.300.

Kegiatan peresmian ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dihadiri masyarakat dan para kader kesehatan se-Puskesmas Kecamatan Mrebet. Pada kesempatan ini, Bupati Tiwi mensosialisasikan pesan-pesan Germas.

“Ada 5 langkah Germas, diantaranya : melakukan aktifitas fisik, cek kesehatan secara teratur, perbanyak makan buah dan sayur, mengurangi rokok dan istirahat yang cukup,” ucapnya.

Bupati menghimbau agar pesan-pesan Germas tersebut untuk benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-ari masyarakat. Kepada para kader kesehatan, Bupati mengajak untuk senantiasa terus membantu dan mendukung program-program pemerintah di bidang kesehatan.

Sejumlah penghargaan diberikan Bupati Tiwi dalam kegiatan Germas wilayah kerja UPTD Puskesmas Mrebet kali ini. Penghargaan tersebut antara lain : kader kesehatan terbaik dalam mensukseskan Germas yakni Desa Sindang, desa dengan penurunan kasus stunting tahun 2024 yakni Desa Mangunegara, kader kesehatan termuda yakni Suswanti dari Posyanru Rahayu Desa Sindang, kader kesehatan terlama Sularni Hastuti dari Posyandu Hapsari III Desa Onje, kader kesehatan tergiat tahun 2024 Heti Fitria dari Posyandu Lestari III Desa Cipaku, Forum Kesehatan Desa (FKD) Mandiri terbaik diberikan kepada Sabaruddin selaku Ketua FKD Desa Mrebet.

Sejumlah bantuan juga diserahkan dalam Germas kali ini, diantaranya pemberian makanan tmbahan (PMT) bagi para balita dan ibu hamil risiko tinggi di Kecamatan Mrebet, bantuan stimulan jamban, sepatu untuk para kader kesehatan, bantuan alat bantu dengar.