PURBALINGGA – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Purbalingga salah satu wadah organisasi yang mengimpun seluruh ASN khususnya di Kabupaten Purbalingga memiliki peranan penting dan strategis terhadap pembangunan daerah. ASN menjadi ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Hal ini disampaikan Bupati Tiwi saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) Korpri Periode 2022-2027 di Pendopo Dipokusumo, Kamis (10/2/2022). Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengatakan nantinya yang terpilih sebagai Ketua Korpri mampu mengarahkan anggotanya untuk bisa berjalan selaras dan kompak.

“Tentunya untuk mendukung kinerja pemerintahan yang dampaknya terhadap kesejahteraan rakyat dan kemajuan Purbalingga,” kata Bupati Tiwi.

Bupati menekankan sebagai ASN sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN memiliki tugas sebagai pelayan masyarakat. Sudah bukan masanya jajaran birokrasi sebagai priyayi, harus mampu mengayomi masyarakat.

“Selanjutnya, melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah untuk kepentingan publik karena sebagai bagian dari birokrasi kita wajib taat dan patuh pada NKRI,” ujarnya.

Selanjutnya, ASN memiliki tugas sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Anggota Korpri harus bjsa menjadi contoh, menebarkan virus positif dan mengajak masyarakat agar keutuhan bangsa bisa senantiasa terjaga.

“Ini jadi hal yang penting karena semakin banyak oknum yang berusaha keras memecah persatuan bangsa, anggota Korpri ini bisa jadi contoh role model untuk bagaimana kita menjaga keutuhan bangsa,” terang Bupati Tiwi.

Sebagai anggota Korpri, Bupati meminta ASN Purbalingga tingkatkan kompetensi terlebih memasuki revolusi industri 4.0. Apabila ASN tidak bisa menhesuaikan dengan perkembangan teknologi maka akan tertinggal.

“Peningkatan kompetensi harus terus dilakukan. ASN harus berpikir kreatif, inovatif dan out of the box sebagai anggota Korpri pasti mampu dan mempunyai kompetensi, kemampuan yang luar biasa,” tuturnya.

Kaitannya dengan Muskab Korpri, Bupati mendukung siapapun nantinya yang terlilih sebagai Ketua dan kepengurusan Korpri Purbalingga. Output yang didapat nantinha mampu membawa Korpri lebih maju, solid dan memberikan kemashlahatan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga.

“Kita bergerak bersama-sama memajukan Purbalingga mensejahterakan masyarakat Purbalingga dan memajukan Korpri Purbalingga. Saya sepenuhnya mendukung apa yang menjadi program dan rencana kerja Korpri,” imbuhnya.

Ketua Bidang Kesehatan dan Bidang Sosial Dewan Pengurus Korpri Provinsi Jawa Tengah, Harso Susilo mengatakan Muskab merupakan mekanisme organisasi, evaluasi dari kepengurusan sebelumnya dan pemilihan ketua baru. Anggota Korpri harus bermoral baik, berkarakrer dan menunjukan kntegritasnya.

“Anggota Korpri harus mengkampanyekan kedamaian, kerukunan dan gotong-royong. Selain itu harus berinovasi dengan kinerja birokrasi, berkolaborasi, bekerja dan berkarya demi kesejahteraan masyarakat,” pungkas Harso.