PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga memberikan kebijakan untuk menggratiskan biaya tes antigen kepada penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga. Pelaksanaannya dapat dilakukan di seluruh puskesmas dan fasilitas kesehatan milik Pemkab Purbalingga.

“Kami juga akan menyiapkan fasilitas antigen on the spot di Bandara Soedirman. Kebijakan ini diambil atas instruksi Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi). Kami sudah menindaklanjutinya dengan mempersiapkan petugas kesehatan dan fasilitasnya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, Hanung Wikantono, Sabtu (20/11/2021).

Penerbangan melalui Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga akan kembali dibuka 25 Nopember 2021. Maskapai penerbangan Citilink akan melayani penumpang dari bandara tersebut menuju Jakarta dan Surabaya.

Dalam kesempatan terpisah Bupati Tiwi menyampaikan pihak Citilink juga sudah mulai membuka pemesanan tiket untuk penumpang yang akan terbang termasuk dari Bandara Soedirman Purbalingga. Bupati berharap dengan menurunnya kasus Covid-19, penerbangan melalui bandara tersebut bisa kembali ramai.

“ Kami sudah bertemu langsung dengan pihak Citilink dan berkomitmen untuk saling memberikan dukungan,” ungkapnya.

Pemberian fasilitas tes antigen gratis merupakan upaya untuk meramaikan lagi penerbangan melalui bandara Soedirman. Dengan adanya biaya antigen gratis diharapkan calon penumpang akan memilih berangkat menggunakan pesawat melalui bandara tersebut.

“ Ini bagian komitmen kami untuk mendukung keberadaan bandara Soedirman,” tandasnya.

Selain melayani penerbangan menuju dan dari Purbalingga serta Jakarta dan Surabaya, Citilink juga membuka jalur penerbangan menuju Medan, Denpasar, Palembang dan Padang.

“Penerbangan melalui Bandara Halim Perdanakusuma,” imbuhnya.