PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengatakan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mulai disiapkan. Bupati meminta Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kesbangpol, Bagian Pemerintahan juga DinAs Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga untuk mengagendakan persiapan tahapan Pemilu 2024.

Kegiatan pemutakhiran data nantinya berkoordinasi camat, kades dan lurah untuk ikut serta mensosialisikan. Selain pemutakhiran juga perlu dipersiapkan sosialisasi terkait tahapan Pemilu yang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kesbangpol juga ada program pendidikan politik ini bisa juga menjadi peluang antata Pemkab dan KPU untuk mensosialisasika Pemilu ke masyarakat,” kata Bupati Tiwi saat Audiensi Bersama KPU Purbalingga di Ruang Rapat Bupati, Rabu (19/1/2022).

Tahapan terkait Pemilu 2024 baik Pilpres, Pileg maupun Pilkada dari KPU RI masih dalam pembahasan. Ketika sudah ada penjadwalan terkait tahapan Pemilu 2024, Pemkab Purbalingga siap mengawal agar berjalannya Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan lancar.

“Jika nanti sudah ada jadwal yang final dari KPU RI, ini bisa jadi acuan juga untuk penjadwalan di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Mei Nurlaela, Komisioner KPU Purbalingga mengatakan terkait penjadwalan Pemilu 2024 masih menunggu finalisasi dari tingkat pusat. Persiapan di tahun 2022, Mei menuturkan KPU akan melakukan verifikasi partai politik (parpol).

“Ada beberapa parpol baru, yang sudah berkomunikasi ada Partai Umat, Partai Masyumi, dan Partai Gelora namun untik Partai Gelora ini belum datang ke KPU Purbalingga,” kata Mei.

Mei menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Purbalingga yang sudah bersinergi dengan baik dengan KPU Purbalingga. Dalam audiensi bersama Bupati Purbalingga, Mei berharap ada koordinasi berkelanjutan untuk persiapan tahapan penjadwalan Pemilu 2024.

“Rencananya kami juga ingin mengundang Ibu Bupati untuk menjadi narasumber dalam Podcast bersama KPU Purbalingga terkait Pemilu 2024,” pungkasnya.