PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menggemakan semangat gotong-royong di tengah masyarakat pada Bulan Juni sebagai Bulan Pancasila. Kali ini Bupati Tiwi turut gotong-royong membangun Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Lumpang, Kecamatan Karanganyar, Kamis (20/6/2024).

“Tujuan bupati hadir adalah untuk memastikan apakah masih guyub rukun dalam kebersamaan atau tidak. Apakah masyarakat Desa Lumpang ini masih menjunjung tinggi gotong royong atau tidak. Karena gotong-royong adalah nilai luhur Pancasila,” kata Bupati Tiwi dalam acara Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) Gotong-Royong ini.

Dalam bergotong royong, Bupati melakukan peletakan batu pertama JUT di Dusun I, termasuk membantu mengestafetkan adukan semen kepada masyarakat yang ikut mengerjakan. Bupati turut memberi uang lelah sebagai penyemangat masyarakat yang bergotong-royong.

Selain turut bergotong-royong, Bupati Tiwi juga menyerap aspirasi apa yang jadi kebutuhan Desa Lumpang. Aspirasi tersebut antara lain : perbaikan jalan kabupaten pada sisi timur balai desa sekaligus perkuatan talud pada sisi kanan kirinya serta perbaikan gedung balai desa.

“Terkait perbaikan jalan nanti saya tugaskan DPUPR untuk cek dan masukkan ke dalam usulan perbaikan jalan rutin. Terkait balai desa nanti kita masukkan sebagai penerima BKK (Bantuan Keuangan Khusus) di APBD Perubahan atau awal 2025,” katanya.

Bupati berpesan agar semangat kebersamaan dan gotong-royong masyarakat ini untuk terus dilestarikan. Ia mengajak agar masyarakat juga senantiasa mendukung dan menyebgkuyung setiap program-program dari pemerintah.

Kepala Desa Lumpang, Adnan Adwitama mengungkapkan JUT yang tengah dibangun ini rencanannya memiliki volume panjang 120 meter dengan lebar 3 meter. Pembangunan terletak di Dusun 01 RT 01 RW 01.

“JUT ini dibangun senilai Rp 85.200.000 dari Dana Desa (DD) Bidang Ketahanan Pangan. Jadi itu menggunakan alokasi dari 20 % DD untuk ketahanan pangan,” katanya.

Ia melaporkan, situasi Desa Lumpang dari segi kemasyarakatan, keagamaan dan kebudayaan dala  keadaan kondusif. Pembangunan desa yang sudah dilaksanakan yaitu penerangan jalan di RT 01 RW 02 sebanyak 10 titik dan pembangunan jalan rabat beton di area kuburan.