PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyatakan siap memberikan dukungan kepada semua program atau kegiatan Nahdlatul Ulama (NU) Purbalingga untuk lima tahun ke depan. Ia berharap dengan dukungan yang diberikan pemerintah ini bisa kian memperkuat sinergi yang telah terjalin antara Pemkab Pubalingga dengan GP Ansor dalam rangka menyejahterakan umat/masyarakat Purbalingga.

“Pemerintah Kabupaten Purbalingga siap men-support dan memfasilitasi kegiatan atau program-program NU untuk lima tahun ke depan,” kata Bupati Tiwi saat menghadiri Silahturahmi GP Ansor Purbalingga di MTs NU Ma’arif Gondang, Kecamatan Karangreja, Rabu (19/06/2024).

Bupati Tiwi menyadari sepenuhnya, jika jalannya roda pemerintahan tidak bisa berjalan sendiri. Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang baik dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan para ulama, umaro, dan umat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tiwi juga menyampaikan terima kasih atas semua kontribusi dan dharma bakti para Ansor dan Banser teradap Pembangunan di Kabupaten Purbalingga.

“Perannya terhadap pembangunan bangsa dan negara, dalam hal ini Purbalingga. Saya menyaksikan peranan Ansor dan Banser terhadap Pembangunan Purbalingga sangat luar biasa,” kata Bupati.

Dikatakan, Ansor tidak hanya berperan di bidang keagamaan, tapi juga di bidang pembinaan umat. Termasuk juga berperan pada bidang sosial dan membangun ideologi bangsa kepada generasi bangsa.
“Ansor dan Banser secara aktif menjadi garda terdepan dalam menjaga ideologi bangsa Pancasila dan meempertahankan NKRI,” ujar bupati.

Ketua Tanfidziyah PCNU Purbalingga H Ulil Archam mengatakan, tantangan atau pekerjaan rumah (PR) yang dihadapi warga Nahdliyin ke depan cukup besar. Gus Ulil (sapaan akrab H Ulil Archam, red) menngingatkan, agar warga NU tidak boleh memiliki pemikiran jika orang NU hanya sebatas pengurus saja.

“Sebagai pelayan umat kita harus mampu menunjukkan aqidah dan harokah kita, tidak hanya berpikir Ahlussunnah wal Jama’ah. Kalau kita bisa bersama-sama, yakin 5-10 tahun ke depan, NU di Purbalingga akan berkembang dengan baik,” kata dia.

Silaturahmi GP Ansor Purbalingga dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Mukodam, Kabag Prokompim Titis Panjer Rahino, dan jajaran Forkopimcam.