Purbalingga – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong lebih banyak ekspor gula kelapa ke Amerika Serikat. Untuk itu perlu peningkatan kualitas sejak dari pohon kelapa sampai proses pengolahannya.

“Banyak gula kepala dari Purbalingga yang terkadang kena reject akibat kualitasnya berkurang, ini perlu dipebaiki sehingga ekspor akan terus meningkat,” ujar Bupati Tiwi saat menerima CEO Big Tree Farm, Benjamin Ripple salah satu eksportir gula kelapa ke Amerika di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Senin (13/11/2023).

Menurutnya, dengan diekspor nilai tambah gula kelapa Purbalingga akan semakin tinggi. Dengan demikian, kesejahteraan penderes dan pengolah gula kelapa akan semakin baik.

“Semoga ke depan ekspor gula kelapa Purbalingga semakin besar dan lebih menguntungkan bagi penderes,” imbuhnya.

Sementara itu, Benjamin Ripple menyebut bahwa gula kelapa dari Purbalingga memiliki kualitas yang unggul. Ia telah puluhan tahun mengolah gula merah dan mengekspornya ke Amerika Serikat.

“Sebanyak 40 persen gula kelapa yang kami olah dan ekspor ke Amerika berasal dari Purbalingga,” ujar Ben Ripple sapaan akrabnya.

Ben mendorong agar kualitas gula kelapa semakin baik. Salah satunya yang paling sederhana adalah mengurangi cemaran besi.

“Sangat sederhana, salah satunya dengan menggunakan soled dari kayu,” ujarnya.

Ben Ripple sudah menggeluti gula kelapa Purbalingga sejak 2003. Saat itu, Ia juga ikut menginisiasi program asuransi penderes dengan Bupati Triyono Budi Sasongko.

Ia kemudian fokus mengolah dan menjadi eksportir gula kelapa sejak 2012 dan membangun pabrik di Sukoharjo. Perusahaannya bekerjasama dengan CV. Bunga Palm asal Purbalingga.

“Sudah sejak lama kita bekerjasama dengan Pak Gun (Gunarto, owner CV. Bunga Palm),” imbuhnya.

Selain ekspor, Ben dan Big Tree Farmnya juga memberikan perhatian kepada para petani. “Kita datang ke sini sekarang salah satunya ingin kerjasama dalam pengembangan bibit kelapa unggul yang pohonnya pendek dan panennya melimpah,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Mukodam yang mendampingi Bupati Tiwi menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya, bibit kelapa unggul akan meningkatkan kualitas produktivitas gula kelapa.

Pada audiensi, Ben Ripple didampingi oleh Gunarto dan jajarannya dari CV. Bunga Palm. Sementara Bupati Tiwi didampingi Kadinpertan, Kabag Perekonomian dan Kabag Prokompim.